You need to enable javaScript to run this app.

Eksplorasi Tambang Batu Dolomit dan Keindahan Gua Kars di Tenggulun, Aceh Tamiang

  • Kamis, 25 Januari 2024
  • Geologi Pertambangan
  • 0 komentar
Eksplorasi Tambang Batu Dolomit dan Keindahan Gua Kars di Tenggulun, Aceh Tamiang

22 Januari 2024, Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang - Pada hari Senin, 22 Januari 2024, siswa-siswi kelas XII Jurusan Geologi Pertambangan SMKN 2 Karang Baru mengadakan praktek lapangan dalam mata pelajaran Teknik Penambangan. Kegiatan ini bertujuan untuk memahami sistem penambangan, metode-metode penambangan yang berbeda, serta eksplorasi eksploitasi sumber daya mineral, batuan, dan energi.

Guru pengampu mata pelajaran, Bapak Habibullah Hasibuan, memimpin praktek lapangan ini dengan mengunjungi salah satu bekas tambang batu dolomit di daerah Tenggulun. Siswa-siswi dapat secara langsung mengidentifikasi sistem penambangan yang dilakukan di tambang tersebut, yang tergolong dalam kategori Quarry, yaitu tambang terbuka untuk menambang endapan-endapan bahan galian industri atau mineral industri seperti batu dolomit, batu gamping, marmer, granit, dan andesit.

Berbagai kegiatan dilakukan selama praktek lapangan, termasuk survei geologi di tambang batu dolomit, observasi langsung terhadap teknik penambangan, pengambilan contoh batuan, pengukuran struktur geologi, dan pengukuran topografi dan elevasi area penambangan. Kegiatan ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang proses penambangan dan peran batu dolomit dalam industri pupuk anorganik dan konstruksi.

Tenggulun dipilih sebagai lokasi praktek lapangan karena keberadaan tambang batu dolomit yang menjadi bahan penting dalam pertambangan. Siswa dapat mempraktikkan teknik penambangan secara nyata, melihat peralatan tambang dan mesin yang digunakan dalam proses penambangan.

Selain itu, daerah ini juga memiliki Gua Kars yang indah. Dalam kunjungan ini, siswa-siswi dapat melihat stalagtit dan stalagmit yang menghiasi gua, menciptakan pemandangan yang menakjubkan. Guru juga menyampaikan informasi historis geologis tentang pembentukan gua kars, di mana batuan kapur terbentuk dari endapan fosil dan kerangka mikroorganisme laut selama ratusan ribu hingga jutaan tahun.

Proses pembentukan gua kars melibatkan pelarutan secara terus-menerus, pembentukan rongga-rongga, deposisi stalaktit dan stalagmit, hingga evolusi gua yang kompleks. Semua ini merupakan contoh nyata bagaimana interaksi antara air, batuan, dan waktu menciptakan struktur geologi yang menakjubkan.

Praktek lapangan di Tambang Batu Dolomit Tenggulun tidak hanya memberikan pemahaman praktis tentang teknik penambangan, tetapi juga memperkenalkan siswa pada keunikan geologi dan keindahan alam yang terkandung di dalamnya. (RF)

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Rajudin S.ST

- Kepala Sekolah -

Pendidikan merupakan tolok ukur keberhasilan suatu bangsa, oleh karena itu maka pendidikan harus dibagun seserius mungkin. Terlebih pendidikan vokasi....

Berlangganan